Basketball

 

BASKETBALL RULES


Sifat Peraturan

  1. Keputusan Panitia Porsimaptar 2018 adalah final dan tidak dapat diganggu gugat.
  2. Semua peserta Porsimaptar 2018 wajib mengikuti semua aturan yang telah ditetapkan oleh Panitia Pengarah.

Peraturan Permainan

  1. Peraturan permainan yang digunakan dalam Porsimaptar 2018 adalah Peraturan Resmi Bola Basket tahun 2017 (FIBA) dan Peraturan Khusus Porsimaptar 2018. Peraturan Resmi Bola Basket tahun 2017 (FIBA) dapat diunduh di website Perbasi (www.perbasi.or.id).

Peserta

  1. Peserta Porsimaptar Basket 2018 adalah official, pemain, dan pelatih. Peserta tidak boleh merangkap sebagai peserta tim lain atau petugas pertandingan, atau jabatan yang menurut keputusan panitia dapat menimbulkan suatu konflik kepentingan.
  2. Pemain yang mengikuti Porsimaptar 2018 adalah student-athlete (Mahasiswa/Siswa Aktif/Reguler) yang memenuhi persyaratan Porsimaptar 2018.
  3. Definisi Mahasiswa Aktif adalah mahasiswa yang telah dan/atau masih mempunyai kewajiban menyelesaikan SKS di fakultasnya.
  4. Apabila pemain yang mengikuti Porsimaptar 2018 sudah selesai Yudisium dan/atau Wisuda maka pemain yang bersangkutan dilarang mengikuti Porsimaptar 2018
  5. Seluruh peserta Porsimaptar 2018 wajib memakai ID Card selama kegiatan berlangsung
  6. kuota pemain dalam list 12 Pemain dan 3 official yang mendaftar ulang saat akan bertanding maksimal 3 (tiga) pemain.
  7. Seluruh peserta Porsimaptar 2018 tidak diperbolehkan merokok selama pertandingan.
  8. Para supporter Perguruan Tinggi peserta Porsimaptar 2018 adalah bagian dari Perguruan Tinggi peserta yang mengikuti Porsimaptar 2018 , maka segala perlakuan yang dilakukan oleh para supporter adalah bagian dari tanggung jawab Perguruan Tinggi peserta Porsimaptar 2018 dan bukan merupakan tanggung jawab dari panitia.

Pertemuan Teknik (Technical Meeting)

  1. Peserta Porsimaptar 2018 wajib hadir dalam Technical Meeting (TM). Setiap Perguruan Tinggi mengirimkan perwakilan (pelatih atau manajer beserta dengan perwakilan Perguruan Tinggi yang merupakan karyawan Perguruan Tinggi tersebut – disarankan dari bidang keolahragaan / kemahasiswaan).
  2. Technical Meeting, membahas sistem baru Porsimaptar 2018, pembagian tim, sistem pertandingan, serta registrasi pemain.
  3. Membawa seluruh persyaratan yang tercantum

Tim Peserta

  1. Pada Porsimaptar 2018, setiap peserta wajib membawa supporter minimal 10 orang atau akan dikenakan denda Rp. 150.000
  2. Setiap Perguruan Tinggi yang mendaftar wajib menyertakan rekomendasi dari pihak Rektorat Perguruan Tinggi dan Peng-Prov Perbasi/Bapomi setempat.
  3. Setiap Perguruan Tinggi yang mendaftar setuju untuk bekerja sama dan mendukung kegiatan marketing dan promosi sponsor Porsimaptar 2018.
  4. Setiap tim dapat mendaftarkan 12 (Dua Belas) pemain dan 3 (Tiga) orang ofisial. Yang termasuk ofisial diantaranya adalah tim manajer,pelatih,perlengkapan, medis, atau jabatan lainnya. Didalam setiap pertandingan hanya 3 (Tiga) orang ofisial yang boleh mendampingi tim.
  5. Setiap tim yang akan bertanding harus melakukan daftar ulang (list 12 players), paling lambat satu jam sebelum jadwal pertandingan. Jika 1 (satu) jam sebelum pertandingan belum mendaftar ulang maka dianggap tidak hadir dan akan terkena diskualifikasi.
  6. Untuk keperluan pendaftaran, setiap tim harus mengisi formulir daftar pemain (teamlist) secara online dan melampirkan foto dengan menggunakan kostum yang seragam (format ekstensi JPEG). Softcopy team list dapat diproses melalui registrasi online, sementara hardcopy dicetak berwarna.
  7. Jumlah pemain dan ofisial yang boleh berada di area bangku cadangan (bench) adalah 15(Lima Belas) orang pada saat pertandingan, 12 (dua belas) pemain dan 3 (Tiga) ofisial.
  8. Setiap tim Perguruan Tinggi berhak mempunyai sponsor untuk mendukung pelaksanaan tim di Conference, dengan ketentuan sebagai berikut:
  9. Setiap pertandingan akan didokumentasikan dan direkam dengan video, yang bertanggung jawab akan hal tersebut adalah Panitia Pelaksana.
  10. Setiap tim peserta dan ofisial harus mengizinkan kru media dari Porsimaptar 2018 untuk meliput kegiatan aktivitas promosi tim yang termasuk: interview, game contest, dll.

Pemain

  1. Pemain yang mengikuti Porsimaptar 2018 adalah student-athlete atau mahasiswa yang terdaftar, aktif (kuliah D1, D2, D3, S1, dan S2), dan tergabung dalam tim bolabasket Perguruan Tinggi yang bersangkutan.
  2. Pemain Porsimaptar 2018 adalah mahasiswa asli dari Perguruan Tinggi yang bersangkutan dan berstatus full time / mahasiswa aktif yang dibuktikan dengan Surat Rekomendasi fakultas masing-masing, KTM, KHS, dan KRS (khusus Maba saja) asli.
  3. Pemain Porsimaptar 2018 tidak boleh merangkap sebagai reporter, ofisial, petugas pertandingan Porsimaptar 2018, atau jabatan lainnya yang dapat menimbulkan konflik kepentingan.
  4. Umur maksimal pemain Porsimaptar 2018 adalah 23 tahun (lahir sesudah tanggal 31 Desember 1995).
  5. Pemain hanya boleh terdaftar dalam 1 (satu) Perguruan Tinggi selama mengikuti Porsimaptar 2018 yang sedang berlangsung.
  6. Pemain Pindah Fakultas/Jurusan: Bukti keabsahan bagi mahasiswa baru adalah dengan menyertakan KRS (Kartu Rencana Studi), tanda bukti pembayaran dan Surat Pemberitahuan yang menyatakan bahwa mahasiswa yang bersangkutan telah diterima sebagai mahasiswa baru di Perguruan Tinggi / fakultas tersebut.
  7. Pemain yang masuk dalam kategori profesional dapat bermain di Porsimaptar 2018 dengan ketentuan terdaftar di Universitas tersebut yaitu
    • Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) yang masih berlaku asli dan wajib membawa pada saat  Technical Meeting
    • Transkrip/Kartu Hasil Studi Semester. Khusus untuk Mahasiswa Baru dapat mengganti transkrip nilai/KHS dengan Kartu Rencana Studi (KRS) asli
    • Ijazah SMA asli
    • Akte Kelahiran asli
    • Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli
    • File pas foto 3 x 4 menggunakan pakaian rapi (ekstensi JPEG,yang sudah diberi nama lengkap dan keterangan pemain atau ofisial) 6 buah
    • Surat Pernyataan ditandatangani diatas materai yang menyatakan bahwa pemain yang mengikuti kompetisi ini adalah benar mahasiswa aktif di universitas tersebut dan berlegalisir
    • Data-data lainnya yang dirasakan perlu oleh Panitia Penegak untuk menentukan keabsahan pemain
  8. Pemain wajib memberikan alamat email, nomer handphone, dan akun twitter (jika punya) yang dapat dihubungi (contact person) seluruh peserta PORSIMAPTAR 2018.

Ofisial

Setiap tim dapat mempunyai:

  1. Manajer Tim, yaitu orang yang bertugas sebagai penghubung antara tim dan panitia (sesuatu yangberhubungan dengan tim dan panitia). Manajer tim diharuskan memberikan alamat email dan nomer HP yang aktif kepada panitia untuk kepentingan registrasi dan informasi.
  2. Pelatih & Asisten Pelatih, yaitu orang yang bertugas melatih tim. Pelatih harus memiliki lisensi kepelatihan minimal B (yang masih berlaku).
    • Hanya pelatih yang diijinkan untuk tetap berdiri selama pertandingan.Dia dapat mengarahkan pemain secara lisan selama pertandingan dengan tetap berada di daerah bangku cadangannya.
    • Hanya pelatih yang boleh bertanya kepada wasit tetapi harus melalui pengawas pertandingan (pada saat bola mati dan jam berhenti).

Kostum

  1. Setiap tim wajib memiliki minimal dua set kostum basket yang terdiri dari:
    • Kostum berwarna terang.
    • Kostum berwarna gelap.
    • Kostum alternatif berwarna terang atau gelap (bila ada).
  2. Kostum harus seragam baik desain, nomor, nama identitas Perguruan Tinggi dan nama punggung.
  3. Nomor kostum bebas, mulai dari 0 sampai 99 . Nomor pada atasan terdapat pada bagian depan dan belakang, sementara pada bawahan terdapat pada bagian depan bagian kanan.
  4. Setiap pemain hanya boleh menggunakan 1 (satu) nomor saja.Tidak diperbolehkan mengganti nomor selama liga berlangsung. Jika hal tersebut dilakukan maka pemain yang bersangkutan tidak diijinkan untuk bermain dan dikenakan denda sebesar Rp. 1.000.000,- (Satu Juta Rupiah)

Tim Yang Tidak Hadir

  1. Tim yang tidak hadir ketempat pertandingan yang sudah ditentukan tanpa memberi alasan yang dapat diterima oleh pengawas pertandingan dapat dianggap sama dengan melakukan pemogokan (WO).
  2. Bila pada saat jam pertandingan tim belum hadir maka panitia akan menunggu selama 15 (lima belas) menit dari jam pertandingan. apabila setelah 15 (lima belas) menit waktu yang diberikan tim masih belum ada konfirmasi untuk hadir di lapangan maka tim tersebut dianggap mengundurkan diri dan dinyatakan kalah di pertandingan.

Pemalsuan Dokumen (akte,ijazah,KTM,KRS,KHS, dll)

  1. Pemain/pelatih/ofisial tim yang bersangkutan akan dikenakan diskualifikasi dan sanksi 2 tahun tidak dapat mengikuti Porsimaptar 2018.
  2. Pihak yang bertanggung jawab akan dilaporkan kepada Pihak Berwajib karena dinilai telah melakukan tindakan kriminal berupa pemalsuan dokumen.


basketmen1


basketwomen1